SKIN-O-PEDIA: MARRUBIUM 101

Mari kita kupas tuntas tentang Marrubium vulgare, wonder ingredient dalam Studio Tropik DreamSetter Make-Up Setting Spray. Mulai dari history hingga modern-day science research tentang plant cell technology dari Eropa ini. 


HISTORY OF MARRUBIUM: 2,000 YEARS AGO
Sejarah Marrubium bermula dari 2,000 tahun silam di Pompeii, sebuah kota di Roma. Pompeii terletak dekat dengan salah satu gunung vulkanik paling berbahaya di dunia, terkenal dengan nama Gunung Vesuvius

Suatu hari, Gunung Vesuvius meletus, menghancurkan dan mengubur seluruh kota Pompeii. Setelah peneliti berhasil mempelajarinya, ternyata ledakannya begitu dahsyat hingga berdampak 100,000x lipat dibandingkan bom nuklir di Hiroshima. 

Bencana alam ini begitu merugikan kota-kota di sekitarnya. Diakibatkan oleh polusi udara dari letusan gunung tersebut, menyebabkan orang-orang mengalami gangguan kesehatan seperti: iritasi mata, pernapasan, dan penyakit kulit. 

Pasca bencana tersebut, lingkungan sekitar menjadi sangat beracun atau menjadi toxic environment, dimana sebagian besar tanaman sulit bertahan hidup hingga bahkan mati. Ajaibnya, tanaman Marrubium vulgare ini bertahan hidup, bahkan ditemukan dengan jumlah yang banyak. Berdasarkan bukti sejarah, orang-orang di Eropa menemukan bahwa tanaman Marrubium vulgare ternyata dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai gangguan pernapasan dan luka pada kulit. 


MODERN-DAY SCIENCE MARRUBIUM
Secara garis besar, telah dilakukan penelitian dengan teknologi kultivasi sel tanaman Marrubium vulgare secara in vitro dan in vivo

  • RISET IN VITRO
  • In vitro berasal dari bahasa Latin yang berarti “di dalam kaca” yang dilakukan dalam laboratorium. Berdasarkan riset in vitro, ditemukan bukti bahwa tanaman Marrubium memiliki 2 fungsi utama yaitu, melindungi kulit dari polusi udara dan memperkuat lapisan kulit. Pertama, Marrubium melindungi kulit dari polusi udara dengan cara memblokir translokasi polusi reseptor bernama AHR (Aryl Hydrocarbon Receptor). Ketika reseptor tersebut telah terblokir, polusi udara tidak dapat masuk dan merusak kulit kita. Kedua, Marrubium dapat memperkuat lapisan kulit terluar yang bernama stratum corneum. Dengan lapisan kulit yang kuat, kulit lebih mampu menghadapi polusi dan dalam jangka panjang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 

     

  • RISET IN VIVO
  • In Vivo adalah riset yang dilakukan pada relawan. Ada 2 kasus studi in vivo yang diteliti dimana relawan diminta untuk menggunakan sel tanaman Marrubium vulgare 2x sehari selama 4 minggu. Riset pertama dilakukan tahun 2015 di Paris. Dalam riset ini, ditemukan bahwa komedo berkurang secara signifikan. Kemudian tahun 2016 di Bangkok, tekstur kulit terbukti lebih halus dan lapisan kulit lebih kuat dan sehat. 

    DREAMSETTER MAKE-UP SETTING SPRAY: POLLUTION PROTECTION Dari hasil riset yang telah dikumpulkan, Studio Tropik DreamSetter Make-up Setting Spray terbukti dapat menjaga make-up hingga 16 jam dan melindungi kulit dari polusi udara. Produk ini juga bebas alkohol, sehingga aman untuk kulit sensitif, dan penggunaan setiap hari.

    Tunggu apa lagi? Rawat dan sayangi kulitmu dengan menggunakan DreamSetter sebagai bagian dari rutinitas skincare-mu.

    Leave a comment

    All comments are moderated before being published